Cara Memperbaiki Android Tanpa Flash dan PC

Posted on Friday 17 February 2017


Sebetulnya cara ini bisa digunakan di hampir semua jenis tipe android hanya saja tiap merk handphone android kadang kala untuk masuk ke mode recovery berbeda cara dan berbeda juga bentuk tampilannya.

Karena permasalahan yang sering terjadi pada handphone android pada umumnya yaitu ketika dinyalakan stuck pada logo merk handphone, selalu mereboot sendiri, tiba-tiba mati padahal batrai masih banyak, atau hal yang paling banyak ditemui yaitu karena lupa kata sandi dan pola kunci.

Apabila permasalahannya seperti diatas, jangan panik apalagi terburu-buru pergi ke tempat service, bisa saja untuk memperbaikinya bisa dilakukan oleh sendiri, lihat kembali dengan tenang apa masalahnya dan mengapa sebabnya, karena apabila pergi ke tukang service sediakan saja setidaknya 150rb - 200rb.

Sebenarnya untuk sebab permasalahan pada handphone android banyak sekali, dilain kesempatan saya akan membahas mengenai penyebab handphone android bermasalah. Untuk kali ini saya akan memberi solusi sederhana untuk memperbaiki handphone android yang penyakitnya seperti yang saya tuliskan di atas.

Untuk cara memperbaiki handphone android, saya akan memberi contoh masuk ke mode recovery pada Samsung Galaxy.

Namun sebelumnya apabila setelah mengikuti cara pada artikel ini menjadi terdapat kerusakan lain ataupun cara ini tidak berhasil, silahkan tanggung sendiri, karena saya selalu berhasil menggunakan cara ini.

Dengan menggunakan cara dibawah, semua data yang tersimpan di memori external akan terhapus.

1. Pastikan android dalam kondisi batrai yang cukup

2. Masuk ke mode recovery
Untuk caranya pastikan android dalam keadaan mati, lalu tekan bersamaan tombol power, up, dan home. (untuk handphone diluar samsung biasanya berbeda cara untuk masuk ke mode recovery)

3. Setelah masuk ke mode recovery
Pilih wipe data/factory reset
(untuk tombol ke atas gunakan volume up, tombol kebawah volume down, dan tombol power untuk memilih)

4. Setelah memilih wipe data/factory reset -> pilih delete all user data

5. Setelah kembali lagi ke menu awal mode recovery
Pilih reboot system now
Lalu tunggu sekitar 1-2 menit

6. Android kembali normal seperti biasa namun semua data yang tersimpan di memori internal telah terhapus dan kembali seperti pengaturan pabrik.


Apabila android tetap saja belum kembali normal seperti biasa setelah mengikuti langkah diatas maka untuk memperbaikinya harus dilanjutkan ketahap flashing.

Untuk melakukan flasing android harus menggunakan PC, dan alat-alat yang harus dipersiapkan adalah USB Driver (tiap merk handphone biasanya berbeda driver), Firmware android, dan aplikasi Flash Tool.

Karna keterbatasan waktu dan akan terlalu panjang jika dibahas dalam artikel ini, dilain kesempatan saya akan membahas cara flashing android.

Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini.

No comments:

Post a Comment

About | Contact | Sitemap | Privacy Policy
Copyright © KiniTekno