Tutorial Membuat Database Sekolah I

Posted on Friday 24 June 2016

Ini adalah tugas dari murid-murid saya di SMK, jika ingin melihat tugas lainnya klik saja disini.
Sengaja saya biarkan apa adanya (terdapat kesalahan tidak saya perbaiki menyeluruh), apabila pembaca mendapatkan kesalahan dalam penulisan ataupun kesalahan lainnya silahkan berikan coretannya di kolom komentar.

Kelompok 5 
Anggota :
Rizalu Ilman M
Misbahudin 
Cindy Arismaya I
Monika I 
Siti N
Kelas XII-R1 2016


Untuk membuat sebuah database dengan sql pertama kita harus membuka aplikasi XAMPP kemudian Star buton Mysql seperti berikut :


Kemudian buka CMD dan akses mysql dengan user dan password yang telah ada, 
contohnya user “root” dengan password kosong seperti kode berikut : 

Kemudian untuk memulai kita masuk kode create database nama_database; seperti contoh di bawah ini :
Setelah membuat database untuk membuat table dan fungsi lain selanjutnya kita harus memilih terlebih dahulu databasenya dengan kode use nama_database.


Selanjutnya untuk membuat table pada database yang telah kita buat bisa tuliskan kode create nama_tabel (nama_kolom tipedata(nilai default) primary key);
Untuk nama table jika dua kata harus memakai garis bawah atau disatukan karena dalam penulisan nama table, naam database, dan nama kolom tidak boleh menggunakan spasi. Dalam sql juga terdepat  beberapa tipedata disini saya gunakan tipedata varchar karena varchar bisa menerima huruf dan angka berbeda dengan yang lain yang hanya menerima satu fungsi seperti int, char dll. Nilai default diisi untuk maksimum pengisian data dan primary key adalah untuk pembeda data dan menjadikan data tersebut unik.

Kemudian kita akan masukan data kedalam table yang telah di buat tadi, caranya adalah dengan mengetikan kode seperti di bawah ini :

Sebenarnya dalam memasukan data ada beberapa cara disini kita gunakan cara yang mudah dan simple, untuk mengisi data harus menggunakan kutip untuk tipe data varchar, char kecuali untuk int tidak perlu menggunakan kutip.

Setelah data dimasukan kita cek data tersebut apakah sudah ada dalam table atau belum, caranya dengan memasukan kode berikut :

Disini kita gunakan kode select untuk fungsi menapilkan data kemudian * yang berarti semua jadi kode tersebut berarti tampilkan semua data yang ada pada table guru.

Data juga bisa ditampilkan dari dua table atau digabungkan dari beberapa table contoh seperti berikut:
Dengan kode diatas kita bisa menggabungkan data dari table, sama seperti yang sebelumnya hanya berbeda dengan adanya kode union untuk menggabungkan table, penggabungan table juga ada beberapa cara disini kita ambil salah satu contoh kodenya.

Itulah tutorial pembuatan database pada sql dari kelompok 5 mudah-mudahan bisa bermanfaat sekian dan terima kasih.

1 comment:

About | Contact | Sitemap | Privacy Policy
Copyright © KiniTekno